Login
  
User name:
Password:
  Registrasi?
  
  HOME
  Berita
  Katalog
  Informasi
  About Us
  Kalender
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>   01 02 03 04 05 06
> 07 08 09 10 11 12 13
> 14 15 16 17 18 19 20
> 21 22 23 24 25 26 27
> 28 29 30        



Event Minggu ini

Tidak ada Event Minggu ini


Event Hari Ini

Tidak ada Even Hari ini
 
  
  
 
  




  


 
BRI Salurkan Kredit Lunak Rp500 Juta
Oleh feri
Jumat, 22 Februari 2008 10:20:53 Klik: 1378 Kirim-kirim Print version download versi msword
Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berpeluang besar mendapatkan pinjaman tanpa angunan. Pinjaman yang disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) itu maksimal dapat dipinjam Rp 500 juta. PT BRI Cabang Padang membuka peluang ke pelaku UKM untuk memanfaatkan dana ini.

”Selama ini pelaku usaha keci merasa dibebankan dengan anggunan tambahan berupa barang, tapi kini pelaku UKM dapat melakukan pinjaman ke PT BRI tanpa angunan tambahan tersebut,” ujar staf BRI, Edwin Bahar di pusat informasi industri Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi, Kamis (21/2). Cukup hanya membawa KTP, kartu keluarga dan penjelasan tempat dan bentuk usaha, pelaku UMKM memiliki peluang mendapatkan pinjaman ini. Sebelumnya pihak BRI akan memonitoring terlebih dahulu atas kebenaran usaha pelaku UKM bersangkutan. ”Jadi syaratnya mudah, tanpa proposal. Angunannya adalah kepercayaan kami kepada anda,” ulasnya.

Penjelasan Edwin ini bukanlah bohong belaka, tetapi telah dirasakan oleh pelaku UMKM. Emil, pengusaha kerupuk dengan merek usaha Cahaya Baru beralamat di Jalan Koto Baru RT 01RW IV Gang Sungai Baku No 15 Kelurahan Koto Baru Kecamatan Lubuk Begalung. Ia mendapatkan pinjaman Rp10 juta dari PT BRI tanpa anggunan apapun dengan tingkat bunga 0,5 persen. ”Tanpa proposal, saya hanya datang dan sebulan telah dapat menikmati pinjaman tersebut,” ujar Emil. Tingkat suku bunga yang dibebankan ke kredit yang dipinjam pelaku UKM tersebut, lanjut Edwin fleksibel. Semua itu tergantung negosiasi dengan pelaku tersebut sebelum deal transaksi kerjasama dengan BRI. Meskipun BRI menetapkan KUR maksimal Rp500 juta, tetapi tidak serta merta jumlah pinjaman itu disetujui.

Semua itu bergantung kepada kondisi usaha pelaku UKM. BRI tidak akan mau meminjamkan kredit apabila akan merugikan pelaku UKM itu sendiri. Dinyatakan Edwin, KUR ini masih banyak tersedia di BRI. Bagi yang berminat, silahkan ke BRI Cabang Padang. KUR ini menurut Kepala Diperindagtamben, Heryanto Rustam ada di enam bank yaitu BRI, Mandiri, Bukopin, BNI, BTN, dan Bank Syariah Mandiri. Di Sumbar berdasarkan data yang ada katanya, hingga akhir Desember 2007 KUR telah dimanfaatkan Rp4.766.208.859. Namun untuk Kota Padang, baru Emil yang mendapatkan kredit ini. Kepada pelaku UMKM yang nantinya mendapatkan kredit tersebut agar menjaga kepercayaan pihak bank dengan memanfaatkan kredit itu benar-benar untuk kemajuan usaha.











sumber (padek, 22/02/08)
 
Berita Ekonomi dan Bisnis Lainnya
. EKSPOR-IMPOR SUMBAR TURUN
. Ekonomi Indonesia Akan Membaik
. BBM Naik, Disperindag Harus Awasi Distribusi
. OREC Untungkan Sumbar
. Investasi Listrik Gairahkan Ekonomi
. UU Penanaman Modal Disosialisasikan
. Melirik Usaha Ikan Milik Tokoh Pemuda Cupak, Raup Penghasilan Rp10 Juta Per Bulan
. Pola Memperkuat Basis Ekonomi Masyarakat Kecil, Upayakan UMKM Lepas dari Rentenir
. Perusahaan Hongkong Siap Berinvestasi
. Investor Megaproyek Padang Bay City Tandatangani MoU
Table 'kadinsum_kadin.mod_publisher_komentar' doesn't exist